Kamis, 30 Oktober 2014

Luca Pacioli (Bukan) Bapak Akuntansi

Luca pacioli, dikenal dunia sebagai bapak akuntansi lewat bukunya summa de arithmetica yang memperkenalkan Sistem Tata Buku Berpasangan (Double Entry Bookkeeping) sebuah sistem baru dan dianggap sebagai revolusi dalam seni pencatatan pada bidang ekonomi dan bisnis. Namun kemudian beberapa cendikiawan menyatakan terjadinya ketidak sesuaian dalam sejarah akuntansi

yang pertama, pacioli hanya sebatas pencatat terhadap suatu metode yang sudah ada, yaitu di italia. Namun berdasarkan peradaban italia pada masa itu tidak memungkinkan terjadi perkembangan terutama di bidang akuntansi. Littleton dan yame menduga bahwa sistem tata buku berpasangan tersebut berasal dari spanyol, dimana kebudayaan dan teknologi lebih unggul dari pada negara-negara eropa lain (pada masa itu spanyol merupakan basis terbesar islam di eropa). Lain halnya dengan Heaps yang menyatakan bila bookkeeping pastilah dipraktik oleh pedagang. Yaitu pedagan dari mesir.

kedua. Pandangan lain menyatakan bila pemikiran pacioli banyak dipengaruhi oleh leonard of piza. Yaitu orang eropa pertama yang menerjemahkan buku aljabar berbahasa arab dan berisikan dasar-dasar bookkeeping.

ketiga. Satu abad sebelum buku pacioli diterbitkan, telah ditemukan manuskrip yang ditulis oleh abdullah bin muhammad bin kiyah al mazindarani dengan judul risalah falakiyah kitab as siyaqaat (1363M) dimana didalamnya terdapat beberapa kaidah terkait dengan praktik double entry.

keempat. Angka romawi yang digunakan oleh masyarakat eropa tidak dapat dioperasikan pada praktik akuntansi yang maju, dimana hal tersebut dapat diselesaikan dengan penggunaan bahasa arab.

dari keempat alasan tersebut maka dapat disimpulkan bila, pemberian predikat 'bapak akuntansi' kepada luca pacioli perlu dipertanyakan. Disamping itu kita juga dapat melihat bila perkembangan praktik akuntansi tidak lepas dari hasil peradaban muslim

0 komentar:

Posting Komentar